Wajib Dicoba, Inilah 6 Khasiat Bawang Putih Mentah untuk Kesehatan

Khasiat Bawang Putih Mentah – Bawang putih termasuk bumbu masak dengan ciri khas aroma yang sedap. Cara menggunakannya bisa dengan dihaluskan bersama bumbu-bumbu lain atau diiris tipis-tipis menjadi bawang goreng.

Selain sebagai bumbu masak ternyata bawang putih memiliki banyak manfaat untuk mencegah berbagai jenis penyakit, terutrama jika dikonsumsi mentah. Memang benar, menurut ahli kesehatan, nutrisi yang terkandung pada bawang putih akan berkurang jika sudah melalui proses pengolahan. Jadi, agar nutrisinya dapat terserap maksimal maka sebaiknya bawang putih dikonsumsi mentah, terutama jika digunakan untuk mencegah penyakit tertentu.

Lalu apa saja khasiat bawang putih mentah untuk kesehatan? Nah, berikut ini beberapa jenis penyakit yang bisa dicegah dan disembuhkan hanya dengan mengonsumsi bawang putih mentah.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Sebuah penelitian yang dirilis The Journal of Nutrition menyebutkan bahwa mengonsumsi bawang putih mentah mampu mengurai penumpukan plak yang mengendap pada arteri koroner (pembuluh darah yang bertugas memompa darah ke jantung).

Bahkan jika mengonsumsi bawang putih mentah secara rutin dapat mecegah proses penumpukan plak di arteri jantung. Jadi bagi anda yang bermasalah dengan jantung dan sistem kekebalan tubuh dianjurkan mengonsumsi bawang putih tanpa harus dimasak terlebih dulu.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Perlu diketahui bahwa bawang putih mentah memiliki banyak senyawa sulfur bioaktif. Seperti dilansir National Cancer Institute USA, senyawa tersebut sangat efektif membunuh sel kanker dan meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Khasiat bawang putih mentah lainnya yaitu memproteksi tubuh dari zat-zat karsinogen sekaligus mencegah pertumbuhan sel yang kurang baik dalam tubuh.

Dari sejumlah penelitan menyebutkan bahwa bawang putih yang dikonsumsi secara mentah mampu menyembuhkan dan mengurangi risiko penyakit kanker seperti kanker lambung, kanker paru, kanker pankreas, kanker hati bahkan kanker payudara.

  1. Mencegah Infeksi dan Peradangan

Salah satu zat yang terkandung pada bawang putih mentah yaitu senyawa allicin. Selain anti-inflamasi senyawa ini bersifat anti-virus, anti-jamur dan anti-microba. Dengan sendirinya senyawa allicin ini sangat efektif untuk mengusir organisme penyebab infeksi dan peradangan, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Berdasarkan penelitian yang terangkum dalam jurnal Advances in Therapy menyatakan bahwa serangan virus flu dapat dicegah dengan mengonsumsi bawang putih mentah 2 kali sehari. Hal ini membuktikan bawang putih cukup ampuh untuk mempertahankan imunitas tubuh.

  1. Mencegah Hipertensi dan Menormalkan Tekanan Darah

Selain senyawa allicin, bawang putih juga kaya polisulfida. Kandungan ini sangat ampuh untuk menetralkan tekanan darah sehingga penyakit hpertensi dapat dicegah. Peran polisulfida cukup krusial dimana zat ini cukup efektif membantu membuka pembuluh darah dan mengurangi tekanan yang intens. Terbukti dengan rutin mengonsumsi bawang putih mentah selama 90 hari mampu menurunkan tekanan darah sebesar 10 mmHg.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Tak hanya mencegah hipertensi, khasiat bawang putiih mentah juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Zat yang terkandung dalam bawang putih bekerja dengan menekan kolesterol jahat (Low-density Lipoproten) sekaligus meningkatkan kolesterol baik (High-density Lipoproten). Kolesterol tinggi dapat dicegah dengan mengonsumsi bawang putih mentah minimal 10 gram per-hari selama 42 hari berturut-turut.

  1. Mencegah Penyakit Alzheimer dan Dementia

Alzhaimer dan Dementia merupakan gangguan yang terkaji pada otak manusia. Kondisi ini mayoritas terjadi pada orang lanjut usia. Namun gangguan tersebut dapat diminimalisir hanya dengan mengonsumsi bawang putih mentah secara rutin. Hal ini karena sifat anti-oksidan dan kandungan S-allyl-L-Cysteine (SAC) pada bawang putih sangat efektif menjaga kesehatan otak dari kerusakan kognitif.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa khasiat bawang putih mentah cukup besar untuk kesehatan. Oleh sebab itu tidak ada salahnya selalu menyediakan bumbu dapur ini di rumah Anda.

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar