Mencicipi Kelezatan Bawang Goreng Sumenep yang Garing dan Renyah

Bawang Goreng Sumenep – Jika diminta menyebutkan salah satu rempah paling penting untuk bumbu dapur, mungkin kita sepakat menyebut bawang merah. Tepat sekali, bawang merah termasuk bumbu dapur multifungsi. Artinya tidak hanya bisa digunakan sebagai penyedap rasa makanan, namun bumbu yang identik dengan warna merah cerah ini juga memiliki banyak khasiat sebagai bahan obat tradisional.

Disamping diolah dengan cara dihaluskan bersama bumbu dapur lain, bawang merah juga bisa dikonsumsi dengan cara diolah terlebih dahulu menjadi bawang goreng. Cita rasa yang khas dengan tekstur ‘kriuk’nya yang renyah, membuat bawang goreng menjadi bahan pelengkap yang wajib tersaji bersama berbagai jenis masakan.

Keistimewaan dan Keunggulan Bawang Goreng Sumenep

Seperti yang disebutkan diatas, bawang goreng biasanya disajikan sebagai penambah citarasa berbagai jenis makanan seperti soto, bakso, nasi goreng, nasi uduk, dan semua jenis makanan dengan rasa gurih yang dominan. Pendek kata, dengan taburan bawang goreng jenis makanan apapun terasa lebih sedap.

Ada mitos yang bekembang bahwa jika banyak mengonsumsi bawang goreng akan menyebabkan bau badan. Terlepas benar atau tidak mitos tersebut, toh faktanya masih banyak orang yang makin gemar menyantap bawang goreng. Bahkan tak jarang orang mengonsumsi bawang goreng sebagai camilan. Jadi dimakan langsung tanpa harus dicampurkan terlebih dulu pada makanan tertentu.

Sejauh ini hampir semua orang mengenal bawang goreng hanya dari satu jenis bawang yaitu bawang merah. Tapi tahukah Anda bahwa ada satu jenis bawang goreng dari bahan bawang merah paling berkualitas? Ya, namanya bawang goreng Sumenep. Familiar dengan nama tersebut karena bawang goreng ini terbuat dari bawang merah asli Sumenep (Madura) Jawa Timur yang terkenal dengan sederet keunggulannya.

Berdasarkan pengalaman sejumlah pemilik warung makan, untuk menghasilkan tekstur bawang goreng yang garing, gurih dan renyah, dibutuhkan jenis bawang merah terbaik. Sejauh ini menurut mereka hanya bawang merah yang berasal dari Pulau Madura, tepatnya di Kabupaten Sumenep Jawa Timur yang mampu menghasilkan bawang goreng paling bagus.

Slah satu keunggulan bawang merah asal Sumenep yaitu kandungan airnya yang lebih sedikit dibanding bawang merah dari daerah lain. Saat ini mayoritas bawang merah yang beredar di pasaran berasal dari Brebes Jawa Tengah atau daerah-daerah lain diluar Sumenep. Secara umum bawang merah dari Brebes memiliki aroma lebih kuat, namun sedikit kurang cocok diolah menjadi bawang goreng karena kandungan airnya lumayan banyak. Kandungan air yang lebih banyak itulah yang membuat bawang merah tersebut sulit digoreng sampai garing dan renyah.

Produk Home Industry Bawang Goreng Sumenep

Bisa dibilang saat ini bawang goreng Sumenep telah mendunia. Cukup banyak home industry yang memproduksi bawang goreng renyah ini untuk kemudian dipasarkan ke sejumlah daerah. Ciri khas produk yang garing, gurih, dan renyah membuat makanan ringan ini sangat cocok untuk camilan keluarga. Bahkan tak jarang beberapa industri rumah tangga mengkreasikan bawang goreng Sumenep menjadi beberapa varian rasa seperti rasa pedas asin, rasa balado, dan tentu saja rasa original.

Hampir semua home industry memproduksi bawang goreng Sumenep tanpa menggunakan MSG (Monosodium Glutamate) dan gula. Mungkin hanya terdapat 1-3% kandungan tepung, itupun hanya untuk menjaga teksturnya agar tetap renyah. Anda bisa mendapatkan camilan bawang goreng ini dengan berat 100 gr – 1 kg dalam kemasan plastik / toples. Harganya bervariasi antara Rp 60.000 – Rp 120.000 per-kilogramnya.

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar