Menakjubkan, Ini Dia Khasiat Bawang Dayak untuk Diabetes

Khasiat Bawang Dayak untuk Diabetes – Bagi masyarakat awam bawang dayak atau disebut juga dengan nama latin Eleutherine Palmifolia L. Merr ini kurang begitu familiar. Namun bagi masyarakat di Pulau Kalimantan, jenis bawang yang satu sudah tidak asing lagi, bahkan telah digunakan sebagai obat tradisional turun temurun.

Secara fisik bentuk dan ukuran bawang dayak tak jauh beda dengan bawang yang ada disekitar kita. Pada umbinya terdapat warna merah yang dominan, daunnya hijau segar dan bunga berwarna putih bersih. Namun jika kita amati lebih jeli, barulah kita bisa melihat perbedaannya.

Ciri-ciri dan Zat yang terkandung pada Bawang Dayak

Sebelum masuk pembahasan mengenai khasiat bawang dayak untuk diabetes, kita perlu ketahui ciri-ciri serta apa saja zat yang terkandung pada bawang dayak yang konon besar manfaatnya untuk kesehatan.

Bawang dayak memiliki permukaan yang lebih licin. Jika diiris juga tidak menyebabkan perih dimata dan baunya tidak terlalu menusuk seperti bawang pada umumnya. Saat bawang ini dipegang maka warna merah pada permukaan bawang akan menempel pada tangan. Nah, lantas zat aktif apa saja yang terkandung pada bawang dayak ini?

Sejumlah peneliti kesehatan mengemukakan bahwa bawang dayak kaya akan kandungan fitokimia seperti flavanoid, glikosida, alkaloid, fenolik, steroid, juga tannin yang memiliki peran krusial untuk kesehatan. Mengingat besar sekali manfaatnya, cukup beralasan jika bawang dayak saat ini menjadi tanaman favorit untuk obat tradisional.

Khasiat bawang dayak untuk diabetes cukup terasa terutama bagi mereka yang selama ini memiliki kadar gula darah tinggi. Ketika penderita diabetes mengonsumsi bawang dayak, maka akan terjadi aktivitas hipoglikemik yang memicu menurunnya kadar gula dalam darah. Aktivitas hipglikemik sendiri terjadi karena perpaduan zat flavanoid, saponin, glikosida, dan alkaloid yang banyak terkandung pada bawang dayak.

Lantas apakah bawang dayak hanya ampuh untuk mengatasi gula darah berlebih? Ternyata tidak. Selain untuk mengatasi diabetes, berikut ini khasiat bawang dayak untuk kesehatan tubuh manusia.

Mencegah Kanker Serviks

Selama puluhan tahun kanker serviks menjadi momok menakutkan bagi wanita. Hal ini cukup beralasan sebab jika wanita mengidap penyakit ini kemungkinannya sangat kecil untuk bisa disembuhkan. Sebuah riset yang dilakukan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret mengungkapkan bahwa bawang dayak mampu mengurangi risiko kanker serviks. Hal ini karena kandungan ekstrak bawang dayak cukup signifikan menurunkan ekspresi Cylin-E, sel kanker serviks Uteri Hela.

Meskipun kehadiran bawang dayak menjadi kabar gembira bagi penderita kanker serviks namun penggunaannya masih butuh kajian lebih lanjut. Sebaiknya sebelum melakukan terapi kanker diluar kebijakan medis, terlebih dulu dikonsultasikan dengan dokter.

Menangkal radikal Bebas

Dalam sebutir bawang dayak terkandung zat antosianin yang cukup tinggi. Zat ini mempunyai peran sebagai anti-oksidan sehingga mampu menetralisir radikal bebas yang terlanjur masuk dalam tubuh. Dengan semakin berkurangnya kontaminasi radikal bebas maka risiko terkena penyakit kanker juga semakin kecil.

Mencegah Penyakit Jantung Koroner dan Menurunkan Tekanan Darah

Bawang dayak juga mengandung zat fenolik yag sangat tinggi. Menurut penelitian zat ini cukup efektif mengurangi risiko jantung koroner dan semua penyakit yang berhubungan dengan cardiovascular. Sementara kandungan senyawa allisin pada bawang putih dayak disinyalir mampu menurunkan tekanan darah dan mengurangi pembekuan darah.

Nah, demikian pembahasan tentang khasiat bawang dayak untuk diabetes serta beberapa penyakit lainnya. bagi penderita batu ginjal, taua jika Anda sedang sakit perut atau flu juga bisa diobati menggunakan bawang dayak ini.

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar