Ingin Sukses Bisnis Bawang Goreng? Begini Tahapan-tahapannya

Bisnis Bawang Goreng – Membangun bisnis memang bukan perkara mudah. Banyak aspek yang harus dperhatikan termasuk yang paling penting diantaranya yaitu kualitas produk dan pemasaran. Artinya tidak semua produk bisa diterima di masyarakat luas, jadi kita harus jeli mengamati pasar terkait produk apa saja saat ini yang sedang laku keras.

Meski terdengar asing namun bisnis bawang goreng dewasa ini cukup digemari mereka yang mulai merambah bisnis menengah kebawah. Mungkin terlihat kurang meyakinkan namun fakta di pasaran menunjukkan bisnis ini memiliki prospek yang cukup menjanjikan.

Mengapa Harus Bisnis Bawang Goreng?

Dengan munculnya produk bawang goreng siap pakai tentu saja memudahkan masyarakat terutama ibu-ibu rumah tangga dalam urusan masak-memasak. Mereka tidak perlu repot mengupas bawang, mengiris kemudian menggoreng yang cukup menyita waktu dan tenaga.

Perlu diketahui bahwa peran bawang goreng cukup penting untuk menghasilkan makanan yang lebih gurih dan sedap. Penggunaan produk bawang goreng yang praktis dan siap pakai menjadi salah satu alasan mengapa produk ini laku keras di pasaran. Jadi sangat masuk akal jika saat ini banyak yang menggeluti bisnis bawang goreng baik skala kecil maupun besar.

Lantas apa saja kiat sukses untuk bisnis bawang goreng ini? Perhatikan beberapa hal krusial berikut:

  • Pemilhan Bahan Baku

Apapun produknya jika menggunakan bahan baku berkualitas bisa dipastikan akan laku keras. Demikian juga dengan bawang goreng, kita membutuhkan bawang merah bermutu tinggi untuk menghasilkan bawang goreng yang garing, renyah, dan sedap.

Untuk mendapatkan bawang merah berkualitas ada baiknya kita terjun langsung ke lapangan untuk kemudian bekerjasama dengan petani. Dengan pasokan bawang langsung dari petani kemungkinan besar kita mendapatkan bawang mentah kualitas terbaik, disamping harga yang lebih murah jika kita membeli dalam jumlah besar.

  • Peralatan yang Memadai

Dibalik kesuksesan sebuah bisnis pasti ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai. Untuk memperbesar peluang sukses bisnis bawang goreng ini kita juga perlu menyediakan peralatan yang dibutuhkan. semakin lengkap alat yang kita punya, semakin sempurna produk yang dihasilkan nantinya.

Kita tidak perlu mengeluarkan banyak dana untuk pengadaan peralatan produksi bawang goreng. Beberapa alat yang dibutuhkan yaitu pisau, wajan, mesin perajang, minyak, spatula, alat peniris minyak, set hand sealer, plastik, dan alat-alat pendukung lainnya.

  • Memahami Proses Produksi

Sebenarnya proses produksi bawang goreng tidak membutuhkan skill khusus. Hanya saja memerlukan teknik-teknik tertentu supaya bawang goreng tidak gosong, lebih renyah, tidak terlalu banyak mengandung minyak, dan lain sebaginya.

Produk berkualitas dihasilkan dari proses pengolahan yang tepat. Jadi untuk mendapatkan bawang goreng bermutu tinggi kita harus memperhatikan beberapa hal seperti jenis bawang yang digunakan, ketebalan bawang, suhu minyak, durasi menggoreng, hingga cara packing yang benar.

  • Target Pemasaran

Pemasaran dan target konsumen menjadi bagian tak terpisahkan dari sebuah bisnis, termasuk bisnis bawang goreng. Jika bisnis ini masuk kategori Usaha Kecil Menengah (UKM) maka cara pemasarannya cukup dengan menitipkan ke toko-toko kelontong sekitar rumah atau minimarket.

Jika kita tidak bisa memproduksi sendiri kita bisa menjadi supplier bawang goreng dari distributor. Kita bisa bekerjasama dengan pemilik restoran, hotel, maupun penguasaha kuliner untuk memasok barang yang kita peroleh dari produsen atau home industri.

Supaya pelanggan tertarik membeli produk kita, kemasan bawang goreng harus dibuat semenarik mungkin baik merek maupun tampilan tulisannya. Yang terakhir dari kiat bisnis bawang goreng ini yaitu dengan mendaftarkan produk ke Badan Pengawas Obat dan Makanan. Jika merek dagang kita sudah terdaftar di BPOM maka produk kita dinyatakan halal dan layak di konsumsi.

Tinggalkan Komentar